Home / Search Engine Optimization

Rabu, 9 September 2020 - 15:05 WIB

Private Blog Network : Membuat Situs Anda dihukum

Private Blog Network : Membuat situs Anda dihukum – Anda mungkin pernah mendengar tentang jaringan blog pribadi (PBN) sebelumnya, tetapi Anda mungkin tidak yakin apa itu atau mengapa mereka digunakan. PBN adalah jaringan situs web yang digunakan untuk membuat tautan (dan karenanya memberikan otoritas) ke satu situs web dengan tujuan memanipulasi peringkat mesin pencari. Skema ini mirip dengan roda tautan atau piramida tautan, karena melibatkan beberapa situs web berbeda yang semuanya terhubung satu sama lain atau ke satu situs web pusat.

Meskipun jenis skema ini digunakan secara umum beberapa tahun yang lalu, PBN sekarang dianggap sebagai taktik topi hitam murni dan harus dihindari dengan cara apa pun, karena dapat menyebabkan penurunan peringkat, atau bahkan penalti manual. PBN biasanya memberikan sedikit atau tidak ada nilai jangka panjang ke situs web yang mereka tautkan.

Google telah lama memerangi PBN, dan bisnis yang terjebak dalam taktik licik ini telah dijadikan contoh selama bertahun-tahun. Salah satu kasusnya adalah skema tautan J.C. Penney yang diekspos pada tahun 2011 oleh The New York Times. Saat Google semakin pintar dan mengembangkan teknologi yang lebih baik untuk memerangi teknik spam tautan, semakin sulit bagi SEO topi hitam untuk berhasil melakukan PBN.

Bagaimana mengidentifikasi jaringan blog pribadi
Kunci untuk mengidentifikasi PBN adalah “tapak” lintas situs di mana banyak data teknis di situs tersebut sama. Jaringan PBN lama menggunakan IP yang sama, server bersama, memiliki informasi WHOIS yang sama, atau bahkan menggunakan konten yang sama di seluruh situs.

Saat ini, PBN jauh lebih canggih dan mungkin lebih sulit dikenali oleh pengguna karena situs menjangkau industri, topik, dan tata letak yang berbeda. Saat menentukan apakah suatu situs adalah bagian dari PBN – dan karenanya harus Anda hindari seperti wabah – pertimbangkan hal berikut:

Hosting. Apakah semuanya ada di IP yang sama? Anda dapat menggunakan SpyOnWeb.com atau alat serupa untuk mengidentifikasi situs apa yang dihosting dengan situs lain.
Desain situs. Apakah semua situs menggunakan desain, navigasi, skema warna yang serupa?
Tema serupa. Tema WordPress terkadang memiliki nama tema dalam kode. Periksa kode sumber di browser Anda.
Kepemilikan situs. Periksa database WHOIS untuk informasi kontak pemilik situs. Memiliki data WHOIS yang tersembunyi adalah sebuah tanda bahaya. Jika semua pemilik situs sama, jelas blog-blog tersebut terhubung.
Konten duplikat. Salin paragraf ke dalam pencarian Google untuk melihat apakah konten tersebut ada di situs lain.
Profil backlink. Periksa profil tautan balik di Ahrefs atau Majestic (ini adalah basis data tautan terbesar) untuk melihat seberapa banyak keterkaitan yang terjadi antar situs.
Gambar dan video. Karena video dan gambar sulit dan mahal untuk dibuat ulang, kemungkinan besar ini akan digandakan di situs lain. Gunakan pencarian gambar Google atau pencarian video untuk menemukan potongan serupa.
Hadiah mati bagi banyak PBN adalah memiliki profil backlink yang serupa. Jika beberapa situs memiliki profil tautan yang sama, atau jika semuanya menautkan ke satu situs web beberapa kali (terutama di mana tampaknya berlebihan atau tidak relevan), maka situs tersebut kemungkinan besar adalah bagian dari PBN – atau, paling tidak , adalah menjual tautan. Algoritme Penguin Google, yang sekarang berjalan dalam waktu nyata sebagai bagian dari algoritme peringkat inti, dapat mendeteksi jenis skema ini dan akibatnya menurunkan peringkat situs web Anda. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan bisa berakhir dengan penalti manual.

Namun, hanya memiliki beberapa situs web yang berbeda tidak berarti Anda adalah jaringan blog pribadi. Misalnya, perusahaan media yang memiliki beberapa situs dan menautkannya di semua footer situs web tidak perlu khawatir akan ditandai sebagai PBN kecuali situs web tersebut tidak terkait, ada lusinan tautan di footer, atau ada menautkan ke halaman internal serupa berulang kali.

Selain itu, PBN umumnya adalah kumpulan situs yang semuanya dimiliki oleh satu perusahaan atau individu, tetapi individu terpisah yang bekerja sama untuk menautkan satu sama lain juga dapat dianggap sebagai PBN jika ada pola penautan berulang kali ke situs atau halaman yang sama di seluruh beberapa grup situs web yang berbeda.

Bagaimana Anda melindungi situs Anda dari PBN?
Tidak ada konsultan SEO terkemuka yang akan merekomendasikan jaringan blog pribadi untuk membangun tautan atau meningkatkan lalu lintas situs web. Sayangnya, situs Anda mungkin terlibat dalam PBN tanpa Anda menyadarinya, terutama jika Anda mengalihkan aktivitas pembuatan tautan Anda ke pihak ketiga. Membeli tautan di situs seperti Fiverr atau melalui layanan lain dapat membahayakan situs Anda. Dan jika ada yang mencoba meyakinkan Anda untuk berpartisipasi dalam pertukaran tautan (yaitu, berdagang tautan dengan mereka), jalankan.

Kuncinya adalah pengawasan yang kuat atas aktivitas membangun tautan. Didik diri Anda sendiri tentang praktik yang dianggap Google sebagai skema tautan, dan pastikan bahwa siapa pun yang bertanggung jawab membuat tautan ke situs Anda benar-benar mengikuti pedoman ini; pembuat tautan bereputasi mana pun harus setuju untuk bersikap transparan tentang tautan yang mereka kejar untuk Anda.

Ini akan membutuhkan usaha Anda, tetapi ingat: Hanya karena Anda tidak tahu apa yang terjadi di balik tirai, bukan berarti Anda tidak akan melakukannya.

 

Private Blog Network : Membuat Situs Anda dihukum

Share :

Baca Juga

Apa itu Footprint?

Search Engine Optimization

Apa itu Footprint?
Meninggalkan jejak kaki melalui SOA Records

Search Engine Optimization

Meninggalkan jejak kaki melalui SOA Records
How SMBs Can Benefit from Online Marketing Courses

Search Engine Optimization

How SMBs Can Benefit from Online Marketing Courses
Haruskah menggunakan Perusahaan Hosting $1 untuk PBN Anda?

Search Engine Optimization

Haruskah menggunakan Hosting $1 untuk PBN?
Memilih Tema WordPress

Search Engine Optimization

Memilih Tema WordPress
https://akd-seo.com/

Search Engine Optimization

5 Rahasia Penulis Artikel SEO Profesional
Catatan Perhatian Tentang Penyedia Cloud Hosting

Search Engine Optimization

Catatan Perhatian Tentang Penyedia Cloud Hosting
Hosting Jaringan Blog Pribadi Anda Sendiri

Search Engine Optimization

Hosting Jaringan Blog Pribadi Anda Sendiri