uhamka

Keuntungan dalam Menerapkan Kampus Metaverse

Pada Tahun 2022 ini pembelajaran melalui media online memang bukan lagi sesuatu yang dirasa asing oleh para mahasiswa di seluruh Indonesia. Hal itu dikarenakan adanya pandemi Virus Corona, sehingga mengharuskan para mahasiswa akhirnya melakukan proses belajar mengajar hingga beragam urusan dengan bantuan media online.

Namun perlu untuk diakui, sekalipun sudah setahun lebih mahasiswa menjalani proses pembelajaran jarak jauh tersebut, namun dengan adanya media yang telah dipakai, interaksi yang kurang antara mahasiswa dan pengajar masih kurang optimal di dalam melakukan proses pembelajaran.

Hal itu disebabkan karena media yang sekarang dipakai mayoritas memakai basis video sebagai alat interaksi antara penggunanya. Sehingga kehadiran dari tiap individu di dalam lingkungan pembelajaran tidak terlalu maksimal jika dibandingkan proses perkuliahan yang dilakukan secara online atau langsung.

Maka dari itulah, metaverse hadir menjadi salah satu solusi baru untuk dunia pendidikan. Metaverse tersebut adalah sebuah jaringan dunia virtual tiga dimensi yang mana disini berfokus terhadap interaksi sosial. Dengan menggunakan bantuan dari alat virtual reality, maka metaverse sangat memungkinkan bagi Anda untuk berada di dalam dunia virtual tiga dimensi pada saat yang bersamaan.

Apa Keuntungan dalam Menerapkan Kampus Metaverse?

Kampus metaverse sangat membantu saat diterapkan di dalam dunia pendidikan. Kondisi kelas yang selama ini dirindukan oleh para mahasiswa bisa tercipta kembali tanpa harus datang ke gedung kampus secara langsung. Dan tidak hanya itu saja, metaverse sangat memungkinkan bagi Anda untuk mengubah cara siswa belajar secara besar-besaran.

Ketika seorang dosen bisa menunjukkan terhadap mahasiswa sebuah mobil balap dengan cara tiga dimensi, kemudian menampilkan hal itu di setiap bagian secara terperinci berapa kecepatan suhu dan lain sebagainya.

Dengan pengalaman seperti halnya film superhero, relevansi teori yang telah dipelajari akan diperlihatkan dengan langsung dalam tampilan tiga dimensi. Begitu juga dengan detail yang selama ini tidak bisa dijelaskan, akan bisa tergambarkan dengan lebih baik.

Selain mampu untuk menerangkan materi secara tiga dimensi, pada setiap orang mempunyai karakter masing-masing di dunia ini, maka tentunya hal itu akan memungkinkan bagi pihak Universitas dalam melakukan pertukaran pelajar ke kampus luar negeri tanpa harus berpindah tempat.

Dengan mobilitas yang sangatlah mudah tersebut, juga akan membuka kemungkinan untuk sebuah kampus dalam mendatangkan narasumber atau bahkan artis internasional tanpa disini perlu mendatangkan langsung mereka, dan cukup secara tiga dimensi melalui kampus virtual.

Dan pastinya di sini untuk menerapkan metaverse sebagai alat bantu dalam dunia pendidikan adalah langkah yang besar dan terbilang baru untuk kita semua. Namun pada kenyataannya beberapa universitas di dunia telah memiliki konsep pembelajaran tersebut. Mereka menyebut hal ini dengan nama kampus metaverse.

Salah satu kampus yang menerapkannya adalah Amman Arab University yang terdapat di Yordania. Universitas ini mempunyai 6 program studi dan juga menerapkan konsep database di dalam kelas yang tengah berlangsung.

Di Indonesia pun tidak kalah dengan universitas yang terdapat di luar negeri. Salah satu universitas yang menerapkan kampus metaverse yaitu Uhamka. Universitas ini memiliki visi dalam membangun metafase Muhammadiyah serta menjadi pionir penerapan metaverse dalam dunia pendidikan Indonesia.

Dengan masuknya metaverse dalam era digital tersebut tentu akan sangat membantu serta patut untuk diterapkan pada Indonesia yang jauh lebih baik khususnya di dalam dunia pendidikan. Namun disini Anda perlu tetap ingat,  di dalam pemakaian di kemudian hari, jangan sampai tujuan dalam membuat proses belajar yang lebih efisien dan efektif tersebut akhirnya menjadi hal yang negatif.